Yayasan Tabung Wakaf Umat

REFLEKSI 6 BULAN PERJALANAN YAYASAN TABUNG WAKAF UMAT UNTUK MERANCANG TAHUN 2021 CEMERLANG

Ramadhan 1441 H embrio Yayasan Tabung Wakaf Umat semakin mengkristal. Empat unsur yang menjadi insiator pendiri Yayasan; UAS dan manajemen dakwah, alumni Al-Azhar Mesir, alumni IAIN Susqo tahun 1996, dan jamaah, bersepakat untuk mendeklarasikan Yayasan Tabung Wakaf Umat pada tanggal 14 Syawal 1441 H-06 Juni 2020 M di Pekanbaru Riau.

Setelah deklarasi, sebagai tanda taat kepada aturan formal di wilayah Republik Indonesia, pengurus langsung mengurus legalitas yayasan. Akta Yayasan dan SK Kemenkum HAM, tak lama terbit. Keterangan domisili segera pula diurus, dan disusul dengan pengurusan izin operasional sebagai lembaga wakaf dari BWI Provinsi Riau, dan dilanjutkan dengan pembuatan NPWP yayasan dan Rekening yayasan. Terakhir Surat Keterangan Terdaftar (SKT) organisasi dari Kesbangpol Provinsi Riau dikantongi. Semua legalitas selesai dalam 3 bulan pertama.

Menyambut Idul Adha 1441 H, Yayasan Tabung Wakaf Umat mengadakan Shalat Idul Adha di tengah Kota Pekanbaru dan mengadakan Program Tebar Kurban Berkah dan terhimpun 22 ekor sapi, 5 ekor kerbau, dan 5 ekor kambing yang dibagikan di panti asuhan di Kota Pekanbaru, wilayah pedalaman Riau dan di luar Riau. 

Tidak ingin masyakarat Riau ada yang lapar, Yayasan Tabung Wakaf Umat berbagi sembako setiap bulan untuk masyakarat dhuafa, pegiat dakwah, masyarakat pedalaman, anak yatim, para santri, dan kelompok masyarakat yang membutuhkan lainnya. Program ini kemudian bermetamorfosis menjadi Gerakan Sedekah Pangan Bersama UAS. SPBU. Puncaknya pada SPBU edisi akhir tahun saja bekerjasama dengan Bank Riau Kepri dan 15 Komunitas di Kota Pekanbaru tersalurkan 26.150 kg beras pada 12 kecamatan di Kota Pekanbaru dan 3 Pesantren di luar Kota Pekanbaru. 

Di akhir tahun, bekerjasama dengan Laznas BSM Umat, Yayasan Tabung Wakaf Umat mulai mengelola ATM Beras yang diletakkan di Masjid Al Ikhlas jl. Tengku Mahmud Palas, masjid di pinggiran Kota Pekanbaru dan perlu program penguatan akidah umat.

Selain berbagi beras, Yayasan Tabung Wakaf Umat juga berbagi kursi roda bagi difabel dan khitanan massal untuk 61 anak kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Payung Sekaki.

Agar masyarakat Riau yang berpotensi untuk menjadi orang terdidik bisa sekolah, Yayasan Tabung Wakaf Umat telah membiayai 7 orang anak asuh di 2 lembaga berbeda. Namun untuk kaderisasi yang berkelanjutan dan terkonsep matang, Yayasan Tabung Wakaf Umat telah melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Pesantren Nurul Azhar di Palas Rumbai Kota Pekanbaru. 

Sebagai bagian dari peran kaderisasi ulama, beberapa Putra Riau yang ingin melanjutkan pengkajian keilmuan di Mesir, Sudan, dan Yaman ikut dibantu oleh Yayasan Tabung Wakaf Umat untuk biaya keberangkatan mereka. 

Di sektor dakwah, Yayasan Tabung Wakaf Umat kembali menjadwalkan UAS mengisi kajian perkantoran di kantor-kantor pemerintahan, BUMN, swasta, dan mengisi Kuliah Subuh di masjid-masjid di Pekanbaru sebanyak 12 edisi. Para Asatidz yang tergabung dalam wadah Sunan al-Musthafa dan Muntada Asatidz Riau juga ikut memperkuat gerakan dakwah Yayasan Tabung Wakaf Umat dengan mudzakarah, Majelis zikir, dan majelis ilmu pekanan. Daerah pinggiran Kota Pekanbaru yang minim program belajar mengaji dan pengajaran ilmu agama disediakan pula guru mengaji.

Di kantor Yayasan Tabung Wakaf Umat juga diadakan konsultasi syariah, talaqqi Ilmu-ilmu dasar keislaman, kajian tematik, dan daurah-daurah keilmuan yang diminati oleh para pecinta ilmu di Pekanbaru.

Menindaklanjuti hubungan baik dengan Yayasan Ruang Baik, Yayasan Tabung Wakaf Umat berbagi sebanyak 6.200 eksemplar mushaf Al Qur’an dan 900 buku Iqra’ serta tambahan ratusan eksemplar Mushaf al-Quran dan Buku Iqra’ dari Komunitas dan personal yang mengamanahkan kepada yayasan. Mengawali tahun 2021, Yayasan Tabung Wakaf Umat insya Allah akan mencetak Al Qur’an versi custom Yayasan Tabung Wakaf Umat. 

Terwujudnya Islamic Center sebagai pusat kegiatan kelimuan, dakwah, sosial, dan ekonomi adalah cita-cita utama Yayasan Tabung Wakaf Umat. Maka sejak awal berdiri, pengurus aktif mengkampayekan wakaf pengadakan lahan Islamic Center dan mencari lahan. Namun hingga akhir tahun 2020 masih belum bisa diwujudkan melalui akad wakaf ataupun pembebasan lahan dengan akad jual beli. Semoga di tahun 2021 segera terwujud lahannya insya Allah.

Peduli dengan kebutuhan dakwah pedalaman, bersama Dompet Dhuafa Riau, Yayasan Tabung Wakaf Umat membangun Masjid di Sungai Ekok Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu untuk suku Talang Mamak, Melayu Tua, dan Kubu di pedalaman Riau. Serta ikut melengkapi fasilitas penting Masjid al-Hidayah di Sadan Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu. Bersama GBMN dan IDN, Yayasan Tabung Wakaf Umat juga membagikan baju untuk masyarakat pedalaman di Suku Akit dan Talang Mamak.

Di bidang wakaf produktif, Yayasan Tabung Wakaf Umat melakukan penanaman jeruk nipis bekerjasama dengan Yayasan Riau Amanah Bertuju, dan IDN. Selain itu, Yayasan Tabung Wakaf Umat juga menginvestasikan wakaf mutlak pada usaha madu Ummi Putri, dan U Mart untuk supplier kebutuhan program, serta U Store untuk penjualan buku. Ke depan insya Allah akan terus mengembangkan wakaf produktif pada usaha potensial lainnya.

Dakwah media melalui channel YouTube Tabung Wakaf Umat Official alhamdulillah telah memberikan manfaat kepada 27 an ribu subscriber dan 1838 follower di Instagram

Memasuki tahun 2021, Yayasan Tabung Wakaf Umat berharap bisa mewujudkan beberapa mimpi yang bermanfaat bagi umat, diantaranya; 

1. Pembelajaran di Pesantren Nurul Azhar dimulai

2. Kajian rutin UAS 3 titik di Pekanbaru setiap akhir pekan kedua; Khutbah  Jum’at, I’tikaf, dan Kuliah Subuh

3. Lahan Islamic Center Yayasan Tabung Wakaf Umat terwujud.

4. I’ikaf dan shalat malam menjadi budaya baik masyarakat Muslim Pekanbaru

5. Program Mengaji Bersama UAS dan Wisata Religi ke Riau mendongkrak ekonomi UMKM Riau

6. SPBU mencapai 10 ton per kecamatan di Kota Pekanbaru

7. Khitanan Massal setiap bulan dan menggalakkan khitan anak di usia dini.

8. Wakaf Al Qur’an dan kitab menjadi trend

9. Gerakan orang tua asuh semakin menjamur.

10. Menggenjot realisasi wakaf produktif di aspek bisnis yang menguntungkan namun beresiko rendah dengan profesional

11. Menginisiasi program Maidatur Rahman, penyediaan ifthar gratis, di bulan Ramadhan.

Dan lain-lain

Sebagai yayasan yang baru deklarasi dan telah menggulirkan banyak program keumatan, sebagian pihak menyebut Yayasan Tabung Wakaf Umat seperti bayi baru lahir yang langsung lincah berjalan. Semoga di tahun 2021, kemampuan berjalan itu bisa digunakan untuk berlari kencang demi membangun izzah umat Islam. Amin.

Terima kasih donatur, jama’ah, para relawan, mitra-mitra, dan semua pihak yang telah ikut terlibat dalam program kebaikan bersama Yayasan Tabung Wakaf Umat. Jazakumullah ahsan al-jaza’.

Kantor Yayasan Tabung Wakaf Umat. 

Lokasi kantor:

Narahubung: 0852 6541 6060

IG: @tabungwakafumat_official

Website: www.tabungwakafumat.org

Channel YouTube: Tabung Wakaf Umat Official

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *